Tips Menghindari MAAG dan GERD biar tidak kambuh

tips biar maag tidak kambuh


 Infodjogja.com Maag adalah rasa nyeri dan tidak nyaman pada lambung akibat sejumlah kondisi. Kondisi ini bukan suatu penyakit, melainkan gejala dari penyakit. Meski terbilang mudah untuk disembuhkan, akan tetapi maag juga bisa menjadi parah. Bahkan maag yang parah mampu mengganggu pengidapnya untuk beraktifitas normal. 

Setiap makanan yang kita konsumsi akan masuk lambung dan dicerna secara kimiawi, proses pencernaan ini dibantu oleh enzim pepsin dan renin yang bercampur dengan asam lambung. Jika terjaid gangguan, mukosa akan rusak dan menimbulkan rasa sakit atau nyeri. Apabila gangguan ini terus menerus terjaid, asam lambung akan memecah mukosa dan menyebabkan iritasi dan peradangan. Kondisi inilah yang menyebabkan sakit maag. Rasa nyeri karena maag akut disebabkan oleh asam lambung yang bersentuhan dengan lapisan mukosa, akibatnya ujung-ujung saraf menjadi lebih peka oleh rasa nyeri. 

Kami ada beberapa tips agar maag kamu tidak kambuh :

  1. Makan dengan porsi kecil
  2. Kelola stress dengan baik
  3. Hindari makanan berkarbonasi, pedas dan berlemak
  4. Perbanyak konsumsi serat
  5. Hindari olah raga setelah makan
  6. Jaga berat badan tetap ideal
  7. Beri jeda sekitar 2-3 jam setelah makan sebelum berbaring
  8. Perhatikan posisi tidur, kepala naik 15cm diatas kaki untuk mengantisipasi cairan pencernaan mengalir ke kerongkongan.
( Tips ini didapat dari twitter resepsehatislami @drzaidulakbar )

Semoga bermanfaat

085878274333

Posting Komentar

© Info Djogja. All rights reserved. Premium By Raushan Design